Pemakaian Antibiotik Pada Infeksi Saluran Pernafasan Anak


Infeksi saluran pernafasan merupakan penyebab utama kematian anak-anak di bawah 5 tahun di dunia. Di negara-negara maju, infeksi saluran pernafasan merupakan penyebab pertama morbiditas, 20% konsultasi kesehatan, 30% tidak masuk kerja dan 75 % peresepan semua antibiotik. Infeksi saluran pernafasan atas pada anak seringkali berkaitan dengan infeksi virus dan sekitar 40-60% diantaranya diresepkan dengan antibiotik. Jenis antibiotik antar rumah sakit sangat bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan, keluaran dan harga antibiotik pada pediatrik yang menderita infeksi saluran pernafasan.
Penelitian ini bersifat prospektif dan dilaksanakan terhadap pasien pediatrik yang dibawa ke Bangsal Pediatrik Rumah Sakit Penang, Malaysia. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penisilin, eritromisin, amoksisilin-asam klavulanat merupakan antibiotik yang paling sering diresepkan pada penderita infeksi saluran pernafasan. Rata-rata durasi terapi antibiotik adalah 3.0 ± 3.2 hari, lama turunnya demam 2.2 ± 2.4 hari, hilangnya gejala 3.7 ± 2.5 hari dan lama perawatan di bangsal 4.9 ± 2.8 hari. Rata-rata biaya total antibiotik adalah RM 14.83 ± 83.13 dan total biaya terapi infeksi saluran pernafasan adalah RM 98.88 ± 65.87.
[...]

0 Response to "Pemakaian Antibiotik Pada Infeksi Saluran Pernafasan Anak"

Post a Comment