Perbaikan Lahan Yang Rusak


Kadang-kadang lahan begitu rusak hingga nampaknya tidak dapat diperbaiki kembali menjadi lahan yang subur . Di tempat-tempat di mana lahan telah berubah menjadi gurun, atau kandungan bahan kimia di dalam tanah telah membuat tidak mungkin ditanami, tanah akan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk pulih kembali . Tapi di banyak tempat, dengan usaha yang seksama dan memahami cara bumi memperbaiki diri, kita dapat membantu memulihkan kondisi lahan.
Tak ada orang yang dapat memaksa lahan untuk menjadi produktif . Bahkan pupuk kimia hanya berfungsi beberapa saat sebelum tanah menjadi tidak produktif lagi . Namun bila kita memperhatikan siklus alam, kita dapat membantu menciptakan kondisi yang dibutuhkan lahan untuk pulih menjadi lahan yang subur .

Suksesi alami

Kadang-kadang, cara terbaik memperbaiki lahan adalah dengan membiarkannya begitu saja atau mengambil langkah kecil agar membantu menyuburkan kembali . Cara-cara seperti mendirikan pagar atau memasang papan larangan agar tak ada orang yang mendekat, atau mengurangi jumlah ternak yang merumput di sana, adalah beberapa upaya sederhana yang cukup efektif . Lahan yang dijaga agar tidak digunakan, dan kondisinya tepat untuk dapat hidup kembali hingga tanaman tumbuh kembali secara alami disebut dengan suksesi (penggantian) alami . Proses ini butuh waktu bertahun-tahun, bahkan beberapa generasi .
Suksesi alami TIDAK akan memperbaiki tanah bila:
• Tidak ada sumber benih atau tanaman lokal di dekatnya
• Tanaman yang cepat menjalar telah memenuhi lahan dan mendesak tanaman yang diharapkan .
• Lahan sudah sangat rusak atau terkontaminasi sehingga tak ada yang dapat tumbuh di sana . (Kisah tentang memperbaiki lahan setelah terjadi tumpahan minyak, lihat halaman 520 .)

Tanaman lokal dan non-lokal

Tanaman lokal (tanaman yang asli berasal dari daerah setempat) mudah tumbuh dalam kondisi setempat . Mereka juga melestarikan keanekaragaman hayati dengan menarik dan menyediakan tempat tinggal bagi serangga, burung dan khewan yang hidup di sana.
Kadang, tanaman dan pohon yang bukan berasal dari daerah setempat menjadi populer karena mereka tumbuh dengan cepat, menghasilkan kayu yang baik, atau membantu menyuburkan tanah . Beberapa pohon, seperti eucalyptus, cemara, jati, nimba, dan lamtoro/petai cina sudah ditanam di seluruh dunia .
Tetapi menanam pohon dan tanaman yang bukan berasal dari daerah Anda dapat menimbulkan masalah . Mereka akan menggunakan banyak sekali air tanah, bersaing dengan tanaman dan pohon lokal untuk mendapatkan air dan unsur hara, menyebar melewati tempat yang Anda sediakan, atau menyebabkan binatang dan serangga lokal pergi mencari tempat hidup lain . Bila tumbuhan non-lokal sudah menguasai, maka sulit untuk memperbaiki lahan dengan cara suksesi alami.[...]

0 Response to "Perbaikan Lahan Yang Rusak"

Post a Comment