Pengobatan Modern Untuk Merawat Wasir

Pengobatan Modern Untuk Merawat Wasir - Wasir melibatkan pembuluh darah di bagian rektum dan anus di mana pembuluh darah di bagian tersebut memjadi kembang dan bengkak. Kondisi ini pada akhirnya akan menyebabkan bagian tersebut terjulur keluar dari dubur mengakibatkan seseorang itu terasa sakit ketika buang air besar ataupun berjalan dan berdiri lama. Pendarahan dapat terjadi ketika buang air besar.
Ada 2 jenis penyakit wasir:
1. Wasir internal (internal piles) yaitu terletak di dalam rektum
2. Wasir eksternal (external piles) yaitu di bagian luar jubur.
Penyebab wasir sering dikaitkan dengan:
1. Tabiat atau perilaku yang memberi impek ke bagian rektum dan anus
2. Akibat kebiasaan mengejan yang diulang-ulang, apakah ketika buang air besar karena sembelit atau karena terlalu banyak batuk. Kondisi ini banyak terjadi pada mereka yang banyak duduk dan jarang berolahraga.
3. Ia juga bisa terjadi pada ibu-ibu yang mengandung. Sintom 1. Pasien yang baru terserang wasir akan merasakan adanya perbedaan pada pemukaan duburnya ketika membasuh najis. Terasa adanya benda-benda yang membengkak pada permukaan dubur, yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bile di sentuh.
2. Wasir Kadangkala membuat pasien itu rasa gatal yang bersangatan pada sekitar dubur.
3. Ketika berdiri lama, pasien terasa seolah-olah adanya sesuatu benda asing terkepal dalam dubur atau permukaan dubur.
4. Pendarahan ketika buang air besar. Rase pedih karena luka di bagian tersebut.
5. Ada lendir yang keluar menyebabkan dubur rasa gatal yang amat sangat.
Pasien-pasien wasir perlu:
1. Menghindari diri dari makan makanan pedas, liat atau keras yang sulit hadam.
2. Hindari sembelit.
3. Hindari mengangkat benda-benda berat, duduk lama bercangkung, berdiri lama dan batuk n
A. Pilihan Obat Wasir - Antara obat yang bisa digunakan adalah:
1. Agen anestetik lokal
2. Pengecut saluran darah setempat
3. Pengurangan iritasi atau gatal
4. Astringen yang mengurangi insipadu sel-sel
5. Pengurangan sakit dan gatal
Karena obat-obatan ini digunakan secara lokal pada daerah dubur, maka penyampaian obat pada wasir secara langsung adalah penting untuk mendapatkan efek obat tersebut. Dalam hal ini, obat akan dioleskan ke atas bengkak wasir eksternal sedangkan untuk wasir internal, obat tersedia dalam bentuk supositori atau pipa untuk memudahkan penyampaian obat ke daerah dalam dubur.
B. Agen anestetik Lokal - Agen anestetik atau bius lokal bertindak merngurangkan rasa sakit, gatal, pedih dan iritasi pada bengkak wasir melalui hambatan pada penyampaian sinyal sakit yang disampaikan oleh sistem saraf. Biasanya penggunaan agen ini akan menyebabkan timbulnya rasa kebas pada bagian yang sakit. Agen ini hanya digunakan pada wasir eksternal karena indera saraf hanya terkonsentrasi pada bagian luar dubur sedangkan saraf yang sama tidak ada pada bagian dalam dubur. Contoh obat yang memiliki tindakan menghilangkan rasa sakit adalah benzokain yang diletakkan pada wasir.
C. Kontraksi Saluran Darah Lokal - kontraksi pembuluh darah akan menyebabkan pembuluh darah yang terdapat pada daerah dubur berkontraksi dan menyebabkan bengkak wasir juga berkontraksi. Pemahaman mengenai tindakan obat ini mudah dipahami dengan mengambil contoh pengurangan air sungai yang dikontrol oleh sebuah bendungan. Jika air sungai yang diblokir mengalir, maka permukaan air sungai akan menurun sama seperti bengkak wasir yang reda akibat pengurangan cairan yang masuk ke area tersebut. Contoh obat yang dikategorikan sebagai pengecut saluran darah adalah noradrenalin pada konsentrasi 0.005 sampai 0.001 persen yang dioleskan pada bengkak wasir. Selain itu, obat ini juga meredakan rasa gatal pada bengkak wasir melalui efek bius yang lemah.
D, Pengurangan Kegatalan - Pengurangan gatal dengan cara menahan kehilangan air dan kelembaban kulit menyebabkan timbulnya rasa gatal akibat kulit yang kering. Bila derajat kelembaban meningkat, bengkak menjadi lembut yang berikutnya mengobati disebabkan tekanan yang terbentuk pada bengkak wasir. Contoh bahan yang dapat menahan kehilangan air ini adalah seperti gliserin atau salap petrolatum yang membentuk lapisan berminyak pada permukaan bengkak wasir.
E. Astringen - astringen bertindak melalui hambatan terhadap kehilangan air atau uap air dari permukaan bengkak wasir. Juga, astringen memiliki efek tambahan terhadap sel-sel bengkak dengan memendakkan protein yang terdapat pada sel-sel tersebut. Contoh obat yang memiliki efek astringen adalah krim seng oksida atau losyen kalamin yang saat dicat pada permukaan kulit akan meninggalkan rasa dingin pada permukaan kulit. Dengan efek tersebut, rasa panas atau pedih pada bengkak wasir dapat diredakan.
F. Pengurang Kesakitan - Obat jenis ini akan bertindak pada sel-sel bengkak ataupun juga dikenal sebagai sel radang dengan mengurangi proses reaksi yang menyebabkan timbulnya sel-sel bengkak. Bila reaksi peradangan dikurangi, maka proses kontraksi sel bisa terjadi dan wasir dapat diredakan. Contoh obat yang memiliki aktivitas seperti ini adalah krim hidrokortison pada konsentrasi 0.5 persen yang disapu ke atas wasir.
G. Jika seseorang mengalami penyakit wasir, sanitasi daerah dubur amatlah penting untuk mencegah wasir. Langkah binatu telah dijelaskan dan paling penting adalah menerapkan kebiasaan pembuangan air besar yang baik pada setiap hari. Pasien biasanya akan disarankan oleh para praktisi kesehatan untuk mengambil air yang banyak dan menjaga makanan yang seimbang dengan konten fiber yang tinggi untuk mencegah terjadinya wasir. Jika wasir terjadi berulangkali atau tidak reda setelah seminggu meskipun dengan menggunakan obat wasir, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
H. Ada 2 tujuan untuk merawat wasir. Pertama, menghentikan gejala atau simptom (sakit, pedih dan gatal). Keduanya adalah mengecutkan wasir tersebut.
a. Mandi Sitz (rendamkan bagian rektum ke dalam air hangat) untuk selama 15-20 menit, 3 sampai 4 kali sehari. Perawatan ini sangat mudah dan efisien untuk mencapai kedua tujuan di atas. Anda bisa membeli obat krim wasir dan supositori untuk menghilangkan gangguan dan rasa sakit tetapi ia tidak bisa mengecutkan wasir. Untuk mengecutkan wasir ke ukuran aslinya, pengobatan saat adalah berguna. Cucikan seluruh bagian rektum dengan air hangat setiap kali Anda membuang air besar dan gunakan julap serat ruah (bulk fibre laxative) untuk melembutkan kotoran. Ini bisa menghindari Anda dari mengejan saat buang air besar. Kebanyakan orang mengambil obat tambahan serat ruah ini setiap hari untuk menghindari wasir. Tetapi perlu diingat bahwa serat ruah ini mengambil beberapa hari untuk mempengaruhi. Jika Anda sedang mengidap wasir dan membuang kotoran yang keras Anda mungkin membutuhkan obat atau julap yang dapat melembutkan segera najis Anda untuk menghindari Anda dari mengejan yang bisa memperburuk wasir Anda.
b. Untuk wasir yang tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan konsevatif, perawatan yang standar bisa dilakukan yaitu mengikat dengan lingkaran karet (rubber band ligation). Satu atau dua lingkaran karet diikat di sekeliling pangkal wasir. Ini akan membatasi peredaran darah ke wasir tersebut. Dalam waktu 7 sampai 10 hari, wasir tersebut akan tertanggal keluar. Ikatan sabuk karet ini hanya digunakan untuk wasir internal saja. Ia dilakukan tanpa menggunakan obat bius dan tidak menimbulkan kesakitan. Tetapi Anda mungkin mengalami sedikit ketidaknyamanan untuk beberapa hari.
c. Koagulasi Infra-merah - Sinar infra-merah dipancarkan selama satu atau dua detik untuk menghentikan pasokan darah ke wasir. Anda mungkin terasa panas panas ketika prosedur ini dilakukan dan ada sedikit pendarahan terjadi dalam beberapa hari setelah itu. Prosedur ini sama juga seperti ikatan sabuk karet, dilakukan hanya untuk wasir internal. Tetapi ia lebih cepat dan kurang menyebabkan infeksi.
d. Elektrokoagulasi Bipolar - Prosedur ini dikenal juga dengan nama Bicap, adalah sama seperti prosedur koagulasi Inframerah dan ia memiliki kebaikan dan keburukan yang sama.
e. Terapi Laser - Pancaran laser akan mengewapkan jaringan wasir. Tetapi prosedur ini ditemukan lebih mahal dan tidak menunjukkan kelebihannya dari prosuder-prosedur lain. Ia harus dilakukan dengan berhati-hati dari segi kedalaman dan lokasi untuk menghindari pendarahan dan sakit kepada pasien.
f. Operasi biasanya dilakukan sebagai langkah terakhir apabila kedua jenis wasir tersebut menjadi semakin parah dan pengobatan-pengobatan lain tidak berhasil menyembuhkannya. Metode ini ditemukan efisien tetapi pasien harus tinggal di dalam rumah sakit sehari dua dan mengambil waktu yang agak lama untuk sembuh dibandingkan dengan pendekatan lain. Pengobatan yang agresif ini bisa menyembuhkan wasir dalam beberapa hari saja. Tetapi mungkin diperlukan 2 - 4 minggu untuk pulih sepenuhnya. Jika tidak, Anda perlu ke dokter kembali dan berbincang dengannya. Masalah-masalah medis penyakit peradangan usus atau infeksi usus dapat menyerupai gejala-gejala wasir. Jadi, jika kondisi Anda masih berlanjut meskipun telah mendapat perawatan dasarnya, Anda perlu ke dokter.

0 Response to "Pengobatan Modern Untuk Merawat Wasir"

Post a Comment