Sekilas Tentang Vitamin


Sekilas Tentang Vitamin - Vitamin adalah bahan organik yang sangat dibutuhkan tubuh dengan jumlah kecil. Ia berperan dalam pertumbuhan normal, mengontrol kesehatan, dan pencegahan penyakit. Vitamin biasanya disebut sebagai. Ia membantu pertumbuhan proses protein, karbohidrat, dan lemak dalam tubuh anda.Sesetengah vitamin pula membantu tubuh memproduksi sel-sel darah dan hormon. Biasanya, tubuh kita tidak dapat memproduksi banyak mikronutrien.Oleh sebab itu, Anda harus mendapatkannya, apakah dari makanan atau (makanan tambahan seperti vitamin) yang lain.Meskipun vitamin tidak selengkap konsumsi makanan biasa, tapi bukan berarti suplemen vitamin tidak diambil.

Jenis-jenis dan fungsi vitamin

Jenis vitamin Larut dalam lemak
Vitamin A-Mendorong pertumbuhan tulang, pertahanan terhadap penyakit, memperbaiki struktur kulit serta mencegah rabun.
Vitamin D-Pertumbuhan normal, meningkatkan tingkat sitrat (garam asam sitrat) dalam darah dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam usus, menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Vitamin E-Sangat penting untuk mempertahankan fungsi saraf dan otot, melindungi struktur membran dari rusak, menjaga pertumbuhan normal, menghindari metabolisme, mempertahankan struktur paru-paru, hati, dan membran sel darah merah. Sebagai antioksidan, vitamin ini bermanfaat sebagai mencegah penyakit jantung dan memperlambat penuaan.
Vitamin K-Bagus untuk mereka yang baru menjalani operasi. Vitamin ini membantu membentuk struktur tubuh baru dan menyembuhkan jahitan.
Larut dalam air
Vitamin C - Membantu mempercepat penyembuhan luka, menjaga sistem kekebalan tubuh, menyerap zat besi, membentuk tulang dan gigi.
VITAMIN (B1, B2, B3, B5, B6, B12)
Membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi, selera makan, pencernaan, menjaga jaringan mata, dan membantu proses metabolisme.
Keburukan yang akan diperoleh jika kita tidak mengambil Vitamin.
Kekurangan vitamin tertentu dalam tubuh akan mengakibatkan beberapa gejala penyakit.
Misalnya, rabun (kurang vitamin A) dan anemia (penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah) Penyakit anemia ini disebabkan kekurangan vitamin B12 atau zat besi
Makanan sumber vitamin
Lobak, kubis, tomat, jeruk, apel, dan banyak lagi merupakan sumber vitamin. Setiap sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan vitamin.Boleh dikatakan hampir semua makanan memiliki kandungan vitamin. Cuma yang membedakan adalah jenis-jenis vitaminnya.
i) Tomato - kaya dengan vitamin A, C, dan serat juga zat besi.
ii) Avokado - kaya dengan khasiat protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan C.
iii) Pisang - vitamin A dan C, potasium dan zat besi.
iv) Nanas - vitamin A, B, dan C.
v) Telur, susu, hati - menyediakan vitamin A.
vi) Kacang-kacangan dan daging - sumber kepada vitamin B1.
vii) Keju, putih telur, dan yogurt - menyediakan vitamin B2.
viii) Ubi kentang, sardin, dan tuna - sumber untuk vitamin D.
ix) Sayuran berdaun hijau, kacang kedelai, dan gandum - kaya dengan vitamin E.
x) Kubis dan daun salad - penyumbang kepada vitamin K.

0 Response to "Sekilas Tentang Vitamin"

Post a Comment