Cara Memelihara Kelinci (Arnab)


Cara Memelihara Kelinci (Arnab) - Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu untuk memerlihara kelinci adalah:

Makanan

Jika kita lihat dipasaraya, makanan kelinci yang biasanya ada dijual adalah pelet. Saya biasa panggil benda nih, dedak kelinci. Pelet nih rupa dia panjang-panjang. seperti gambar dibawah.

Selain itu ada juga makanan kelinci lain, seperti rumput HAY dan beberapa jenis rumput lain yang dikatakan sangat bagus untuk diet kelinci. Tapi untuk kelinci yang saya bela, saya tak pernah beri rumput begini. Sebab di kampung saya tak ada jual jenis makanan kelinci yang begini. Jadi untuk menstabilkan diet si kelinci, saya telah memberinya makan 'rumput Israel'.

Selain rumput Israel, daun kangkung, daun pucuk manis, daun pucuk tenggek burung, pandan dan daun ulam raja juga menjadi makanan sampingan untuk kelinci. Ini tidak memerlukan biaya yang tinggi sebab semua jenis pohon dan daun yang saya katakan tadi semuanya sudah ada tertanam disekeliling rumah saya. Terutama rumput Israel. Memang banyak dapat dipetik dalam belukar dikebun-kebun. Daun pucuk jalar dan daun pucuk ubi juga bisa diberikan kepada kelinci. Tapi kamu harus menjemurnya terlebih dahulu untuk mengeringkan karet yang ada pada daun tersebut. Ini untuk menghindari kelinci 'mabuk' karena termakan daun yang bergetah.
Suka saya ingatkan disini, jika memberi kelinci makan sayur atau daun-daun, JANGAN diberi pada waktu pagi. Karena dapat menyebabkan kelinci Anda mengalami sakit perut.


Air yang bersih juga harus disediakan untuk kelinci. Pastikan wadah untuk meletakkan air minum kelinci selalu dalam kondisi bersih untuk menghindari kelinci terkena infeksi penyakit.

Tempat Tinggal

Kamu dapat memilih apakah ingin memerlihara kelinci didalam sangkar, atau buatkan sebuah kandang untuk kelinci kamu. Jika kamu berencana untuk memerliharanya hanya untuk suka-suka (bukan untuk ternak), kamu bolehlah membelanya didalam sangkar. Alah ~ sangkar yang lebih kurang macam kandang kucing tuh ... Tapi jika kamu berencana untuk membuat ternak, lebih baik kamu buatkan kandang untuk kelinci-kelinci kamu. Dengan tempat yang luas dan besar didalam kandang, kelinci kamu akan lebih bebas bergerak dan tidak terasa sesak bila jumlah kelinci sudah bertambah banyak.
Kandang Kelinci
Kandang Kelinci

Jika kamu ingin membangun kandang kelinci, pastikan kandang itu memiliki 2 pintu. Maksud saya, reban tu dah dibagi 2 atau dah diblokir dibagian tengahnya. Ini untuk memudahkan kamu memisahkan kelinci jantan dan kelinci betina untuk mengatur daur peranakkan untuk kelinci kamu. Sebab kelinci betina nih, tiba waktu dia dah bisa beranak, dia akan subur selalu ...


Kesehatan

Ok, seperti yang ada saya katakan diatas tadi, jika ingin beri kelinci kamu makan sayur, jangan beri pada waktu pagi untuk menghindari sakit perut. Pastikan juga kelinci kamu selalu diberi minum air yang bersih untuk menghindari infeksi penyakit. Jika kamu hanya berikan kelinci kamu makan pelet / dedak kelinci saja, kamu harus pastikan air minum kelinci selalu ada karena kelinci akan mudah aus dan kuat minum air jika ia hanya diberi makan pelet saja. Jangan beri kelinci kamu makan kobis bulat ... erm ~ nih saya pun tak pasti kenapa ... mungkin akan ada masalah dengan perut kot ~

Hindari kelinci kamu dari kedinginan. Pastikan kamu tidak memandikan kelinci kamu karena kelinci tidak tahan dengan dingin. Effect; kaki kelinci akan jadi kaku. Ada beberapa jenis kelinci yang kamu harus buatkan unggun api bawah kandang pada setiap Subuh, untuk menghindari kelinci berada dalam kesejukan. Ok, tips yang nih, ada rekan kakak yang suggest kan kat saya. Tapi saya tak pernah buat sebab takut terbakar kandang, mau jadi BBQ kelinci-kelinci saya .. huhu ~

Pastikan kandang atau kandang kelinci kamu selalu bersih. Hapus atau mencuci bekas kotoran seminggu sekali untuk menghindari kelinci kamu diganggu hama, ngengat-ngengat, atau semut.


Tempat Beranak

Ibu kelinci bisa beranak paling cepat, sebulan sekali. Jika kamu tak larat nak jaga kelinci yang beranak sebulan sekali, kamu harus pisahkan kelinci jantan dan kelinci betina dalam kandang seperti yang saya ceritakan diatas tadi. Siklus yang biasa saya buat, adalah seperti ini;

Kandang yang dah dibagi 2 bagian, pada bagian 1 reban, saya letakkan 1 kelinci jantan dan 1 kelinci betina selama 1 atau 2 minggu. Sementara 4 ekor kelinci betina yang lain saya letakkan pada bagian 2 reban. Setelah 1 minggu atau 2 minggu, ganti kelinci betina yang ada bersama dengan kelinci jantan tadi ke kelinci betina yang lain. Sementara kelinci betina yang bersama dengan kelinci jantan tadi diletakkan bersama kelinci betina yang lain (pada kandang bagian 2). Bila dah cukup 1 atau 2 minggu, ganti lagi kelinci betina yang sama bagian dengan kelinci jantan tu dengan kelinci betina yang lain pula. Siklus begini saya buat untuk menghindari beberapa ekor kelinci betina, beranak saing. Sebab kalau dah beranak saing nanti, kita juga yang confius. Ini anak siapa? Mak nya yang mana?

Tempat beranak untuk ibu kelinci pula, jika kamu rajin, kamu bolehlah buatkan kotak.


Karena saya tidak pandai membuat kotak seperti itu, apa yang saya buat adalah dengan memerhatikan gelagat kelinci betina. Jika ada antara kelinci betina yang sudah mencabutkan bulu-bulunya untuk membuat sarang, saya akan ambil kelinci itu beserta bulu-bulunya sekali, lalu saya masukkan kedalam sebuah keranjang yang sederhana besar dan biarkan ia beranak disitu. Kemudian, setelah 3 minggu, barulah saya keluarkan ibu kelinci dan anak-anaknya dari dalam keranjang, dan masukkan mereka kedalam kandang kembali.

Perawatan Anak Kelinci

Kita harus lihat kondisi ibu kelinci. Ada beberapa ibu kelinci yang pandai menjaga anak. Tidak kurang juga ibu kelinci yang tak pandai menjaga anak dan hanya membiarkan anaknya mati begitu saja. Jika si ibu kelinci pandai menjaga anaknya, apa yang harus kamu buat, hanya memastikan ibu kelinci berada dalam kondisi sehat dan mendapat makanan dan minuman yang cukup. Tapi jika si ibu kelinci tidak pandai menjaga anak, kamu harus sama-sama menjaga anak kelinci tersebut.

Antara tips yang saya dapat dari teman yang menjual hewan perliharaan di Pasar Loak, dia mengatakan kita harus paksa si ibu kelinci menyusui anaknya dengan cara memegang empat kaki ibu kelinci tersebut. Sementara tips yang lain pula, ada yang menyarankan anak kelinci diberi minum air rebusan beras (air bubur) dengan jarum suntik sampai 4 minggu. Tips memberi air bubur ini sudah saya praktekkan dan itu berhasil ...

Permainan

Seperti kucing, kelinci juga adalah sejenis hewan yang bisa dimanja. Jika kelinci ini manja, ia akan mengeluarkan bunyi 'purr' seperti kucing. Heh, tak tahulah betul ker tak, sebab kelinci saya tak ada pula keluar suara begitu (bisa refer Lazybunny). Sesekali, kamu dapat bermain dan manjakan kelinci yang kamu perlihara. Sepanjang saya memerlihara kelinci, saya menemukan kelinci sangat suka pada kertas. Terutama kertas tebal seperti kotak kertas dan kantong kertas. Jika kamu berikan kotak kertas yang tebal pada kelinci, Si kelinci akan masuk dan tidur didalam kotak itu. Jika tidak tidur, Si kelinci akan menggigit dan mencakar kotak kertas itu sampai hancur sebelum memakannya .. huhu ~

Jika kamu bawa kelinci kamu kedalam rumah, pastikan kelinci kamu tidak menggigit kabel listrik atau kabel telepon. Ini karena kelinci memang terkenal dengan sifatnya yang suka menggigit dan mengunyah. Jauhkan juga kelinci kamu dari predator seperti kucing yang garang, dan sebagainya.

*******

Ok lah, rasanya itu saja tips-tips yang saya pikir saat ini. Jika ada perangkat tambahan atau ingin mengajukan pertanyaan, kamu bolehlah melakukannya diruangan komen ok ... Terima Kasih karena sudi membaca ...





0 Response to "Cara Memelihara Kelinci (Arnab)"

Post a Comment