Media, Teknologi, dan Pembelajaran
Jenis media dan teknologi. Dengan kata lain setidaknya ini merupakan struktur /susunan pendekatan pembelajaran. Instruktur serta para desain pembelajaran perlu mengembangkan sikap berwawasan luas akan pembelajaran psikologi di sekolah-sekolah yang ada. Dengan demikian, kita tidak diharuskan untuk setia pada teori pembelajaran tertentu. Kalau memang teori behavioris yang perlukan, maka teknik-teknik dari teori behavioris yang akan kita gunakan. Dan sebaliknya, apabila situasi belajar membutuhkan m ... macam media dan teknologi. Dengan kata lain setidaknya ini adalah struktur atau susunan pendekatan pembelajaran. Instruktur dan para desain pembelajaran perlu untuk mengembangkan sikap berwawasan luas akan pembelajaran psikologi di sekolah-sekolah. Dengan demikian, kita tidak diharuskan untuk setia pada teori pembelajaran tertentu. Kalau memang teori behavioris yang perlukan, maka teknik-teknik dari teori behavioris yang akan kita gunakan. Dan sebaliknya, apabila situasi belajar membutuhkan ...
Jenis media dan teknologi. Dengan kata lain setidaknya ini merupakan struktur /susunan pendekatan pembelajaran. Instruktur serta para desain pembelajaran perlu mengembangkan sikap berwawasan luas akan pembelajaran psikologi di sekolah-sekolah yang ada. Dengan demikian, kita tidak diharuskan untuk setia pada teori pembelajaran tertentu. Kalau memang teori behavioris yang perlukan, maka teknik-teknik dari teori behavioris yang akan kita gunakan. Dan sebaliknya, apabila situasi belajar membutuhkan m ... macam media dan teknologi. Dengan kata lain setidaknya ini adalah struktur atau susunan pendekatan pembelajaran. Instruktur dan para desain pembelajaran perlu untuk mengembangkan sikap berwawasan luas akan pembelajaran psikologi di sekolah-sekolah. Dengan demikian, kita tidak diharuskan untuk setia pada teori pembelajaran tertentu. Kalau memang teori behavioris yang perlukan, maka teknik-teknik dari teori behavioris yang akan kita gunakan. Dan sebaliknya, apabila situasi belajar membutuhkan ...
Dalam sejarah, media dan teknologi memiliki pengaruh terhadap
pendidikan. Contohnya, komputer dan internet telah mempengaruhi proses
pembelajaran sampai saat ini. Aturan-aturan dari pendidik dan pebelajar
telah berubah karena dipengaruhi media dan teknologi yang digunakan di
dalam kelas.Perubahan ini sangat esensial, karena sebagai penuntun dalam
proses pembelajaran, pendidik (guru) berhak menguji media dan
teknologi dalam konteks belajar dan itu berdampak pada hasil belajar
siswa.LEARNINGBelajar adalah proses pengembangan pengetahuan,
ketrampilan-ketrampilan, atau pengembangan tingkah laku sebagai
interaksi individu, menyangkut fasilitas-fasilitas fisik, psikologis,
metode pembelajaran, media, dan teknologi. Belajar adalah proses yang
dilakukan sepanjang waktu oleh individu manapun.Dengan demikian, belajar adalah
proses yang melibatkan proses seleksi, pengaturan, dan penyampaian pesan
yang pantas kepada lingkungan dan bagaimana cara pebelajar berinteraksi
dengan informasi tersebut. Dengan demikian hal ini melihat
beberapa pandangan-pandangan psikologis dan pandangan-pandangan filusuf.
Pembahasan kali ini juga akan menggambarkan berbagai aturan dari media
dalam belajar dan menampilkan metode-metode yang berbeda, seperti
presentasi-presentasi, demonstrasi-demonstrasi, dan diskusi-diskusi akan
teknologi yang berhubungan dengan belajar.1. Psychological Perspective on
LearningBagaimana instruktur menampilkan peran dari media dan teknologi di
dalam kelas, ini tergantung akan seberapa jauh mereka memahami akan
bagaimana masyarakat telah belajar mengunakannya. Dibawah ini ada beberapa
perspektif yang berkaitan dengan psychological perspectives on
learningBehaviorist PerspectivePada pertengahan 1950an, fokus ...
Penggolongan Media Pembelajaran
macam objek atau peristiwa yang mungkin dapat dipresentasikan melalui buku, film rangkai (filmstrips), film bingkai (slide) atau majalah/surat kabar. Film(motion picture): film atauvideo tape dari pemotretan/perekaman benda atu kejadian sebenarnya, maupun film dari pemotretan gambar (animasi). Rekaman suara (audio recorder): yaitu rekaman suara saja yang menggunakan bahasa verbal maupun efek suara musik (sound effect). Program: terkenal pula dengan istilah pengajaran berprogram, yaitu siku ... macam objek atau peristiwa yang mungkin dapat dipresentasikan melalui buku, film rangkai (filmstrips), film bingkai (slide) atau majalah/surat kabar. Film(motion picture): film atauvideo tape dari pemotretan/perekaman benda atu kejadian sebenarnya, maupun film dari pemotretan gambar (animasi). Rekaman suara (audio recorder): yaitu rekaman suara saja yang menggunakan bahasa verbal maupun efek suara musik (sound effect). Program: terkenal pula dengan istilah pengajaran berprogram, yaitu sik ...
macam objek atau peristiwa yang mungkin dapat dipresentasikan melalui buku, film rangkai (filmstrips), film bingkai (slide) atau majalah/surat kabar. Film(motion picture): film atauvideo tape dari pemotretan/perekaman benda atu kejadian sebenarnya, maupun film dari pemotretan gambar (animasi). Rekaman suara (audio recorder): yaitu rekaman suara saja yang menggunakan bahasa verbal maupun efek suara musik (sound effect). Program: terkenal pula dengan istilah pengajaran berprogram, yaitu siku ... macam objek atau peristiwa yang mungkin dapat dipresentasikan melalui buku, film rangkai (filmstrips), film bingkai (slide) atau majalah/surat kabar. Film(motion picture): film atauvideo tape dari pemotretan/perekaman benda atu kejadian sebenarnya, maupun film dari pemotretan gambar (animasi). Rekaman suara (audio recorder): yaitu rekaman suara saja yang menggunakan bahasa verbal maupun efek suara musik (sound effect). Program: terkenal pula dengan istilah pengajaran berprogram, yaitu sik ...
Klasifikasi Media Pembelajaran Menurut Para AhliAda beberapa
cara untuk menggolongkan atau mengklasifikasikan media pembelajaran dengan
dasar pertimbangan tertentu. Pengolongan media ini dapat juga dilakukan
dengan berdasarkan pada ruang lingkup pengertian media menurut para ahli
yang mengemukakannya. Berikut klasifikasi media pembelajaran menurut
beberapa ahliKemp amp Dayton (1985)Mengelompokkan media ke dalam delapan
jenis, yaituMedia cetakanYaitu meliputi bahan-bahan yang disiapkan di atas kertas
untuk pengajaran dan informasi. Misalnya buku teks, lembaran penuntun,
penuntun belajar, penuntun instruktur, brosur, dan teks terpogram.
Media pajang pada umumnya digunakan untuk menyampaikan
pesan atau informasi di depan kelompok kecil. Misalnya papan tulis, flip chart,
papan magnet, papan kain, papan buletin, dan pameran.OHP dan
transparansiTransparansi yang diproyeksikan adalah visual baik berupa
huruf, lambang, gambar, grafik atau gabungannya pada lembaran tembus pandang
atau plastik yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah layar atau
dinding.Rekaman audiotapePesan dan isi pelajaran dapat direkam pada tape
magnetik sehingga hasil rekaman itu dapat diputar kembali pada saat
diinginkan.Seri slide (film bingkai) dan filmstripsAdalah suatu film
transparansi yang berukuran 35 mm dengan bingkai 2 x 2 inci. Bingkai
tersebut terbuat dari karton atau plastik. Film bingkai diproyeksikan melalui
slide proyektor. Program kombinasi film bingkai bersuara pada umumnya
berkisar 10 sampai 30 menit dengan jumlah gambar 10 sampai 100
buah.Penyajian ...[....]
0 Response to "Macam Macam Judul Skripsi Biologi Murni"
Post a Comment