Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Mata Pelajaran Produktif Multimedia Siswa Kelas X Smkn 1 Cerme Gresik
Model konvensional yang lama menjamur pada proses pembelajaran tidak pernah diubah oleh guru mata
pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi merosot. Dalam mengatasi hal ini diperlukan
suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation. Rumusan masalah untuk judul diatas adalah apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar siswa dengan menggunakan model konvensional dan model kooperatif tipe Group Inve ... bahasa
Yunani disebut instructus atau Intruere yang berarti menyampaikan pikiran, dengan demikian arti instruksional adalah menyampaikan pikiran atau ide yang telah diolah secara bermakna melalui pembelajaran. Pengertian ini lebih mengarah kepada guru sebagai pelaku perubahan. Pembelajaran merupakan terjemahan dari learning, sedangkan apabila dimaknai berdasarkan makna leksikal berarti proses, cara, perbuatan mempelajari. Sedangkan pembelajaran menurut Degeng adalah upaya untuk membelajarkan si ... Indonesia memberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disusun dan dikembangkan berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. KTSP pada dasarnya merupakan strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan sekolah yang efektif, produktif, dan berprestasi. Asumsi dasar belajar dalam implementasi KTSP adalah belajar sebagai proses individual, proses sosial, menyenangkan, tak pernah berhenti, dan membangun makna (Kontruktivisme). Dalam konteks pembelajaran, ... menggunakan model konvensional dan model kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran Produktif Multimedia di kelas X Multimedia SMKN 1 Cerme Gresik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental jenis control group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Cerme dengan kelas eksperimen adalah kelas X MM 1 dan kelas kontrol adalah kelas X MM 2 dengan sistem acak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai pre test dan post test ya ... metode, dan teknik. Dengan adanya perubahan perubahan tersebut dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran maka sudah merupakan upaya untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif. Tercapainya suatu tujuan pembelajaran adalah suatu kebutuhan yang wajib dicapai dalam proses pembelajaran. Ragam tujuan pembelajaran ada dua yaitu instructional effects (tujuan belajar yang eksplisit diusahakan untuk dicapai dengan tindakan instruksional) dan nurturant effect (tujuan belajar sebagai hasil yang menyer ...
Muhammad Ali Rahmansyah1, Lamijan Hadi Susarno2Teknologi Pendidikan Universitas Negeri
SurabayaAbstrak Pembelajaran di SMKN 1 Cerme Gresik yang monoton khususnya kompetensi keahlian
multimedia mata pelajaran produktif multimedia hanya akan berdampak pada kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran. Model konvensional yang lama menjamur pada proses pembelajaran tidak pernah diubah oleh guru mata pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi merosot. Dalam mengatasi hal ini diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Rumusan masalah untuk judul diatas adalah apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model konvensional dan model kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran Produktif Multimedia di kelas X Multimedia SMKN 1 Cerme Gresik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental jenis control group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Cerme dengan kelas eksperimen adalah kelas X MM 1 dan kelas kontrol adalah kelas X MM 2 dengan sistem acak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai pre test dan post test yang digunakan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel serta yang digunakan untuk mengetahui perbedaan sampel setelah diberi perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji-t atau dengan uji Chi Kuadrat dua[...]
Selengkapnya...
0 Response to "Contoh Makalah Model Belajaran Bahasa Indonesia"
Post a Comment