Dunia Maya Untuk Dokter


Internet adalah dunia informasi

Menjelajah dunia internet, seperti memasuki suatu rimba raya yang sangat luas. Anda akan masuk ke suatu daerah yang tidak berbatas. Jangan heran bahwa suatu saat Anda bisa saja tersesat di tempat yang tidak Anda inginkan (atau malah di tempat yang tidak Anda perkirakan sebelumnya). Apalagi dengan kemajuan bahasa pemograman saat ini. Bisa saja, tiba-tiba, tanpa sepengetahuan atau kehendak Anda, bisa terbuka suatu halaman –penawaran misalnya.
Dengan sendirinya, jika sampai tersesat ke suatu halaman yang mungkin tidak berguna bagi Anda, itu berarti pemborosan waktu termasuk juga pemborosan pulsa (Rp) Anda. Apalagi jika akses internetnya lambat. Berikut disampaikan beberapa tips dan trik yang patut diperhatikan jika berinternet.
1. Alangkah baiknya sebelum berinternet, membuat catatan yang berisi daftar informasi yang ingin dicari misalnya mengenai penyakit maag, penelitian terbaru reumatik, kanker nasofaring, dll.
2. Mulailah selalu berinternet dari suatu tempat yang khusus berisi informasi sesuai dengan minat dan tujuan Anda berinternet.
3. Bukalah browser Anda setidak-tidaknya lebih dari satu halaman (bisa 2 atau 3 halaman) agar waktu menunggu Anda tidak terbuang sia-sia. Pembukaan lebih dari satu halaman tidak berpengaruh secara bermakna (dibandingkan keuntungan yang diperoleh) terhadap kecepatan akses Anda ke suatu situs/halaman.
4. Jika PC yang digunakan adalah PC bersama (kantor, RS, warnet bahkan dalam satu keluarga sekalipun), sempatkanlah untuk selalu menghapus riwayat kunjungan Anda. Pada Internet Explorer, caranya: Tools>>Internet Option>>Clear History (pada Tab General).
5. Carilah selalu (dari teman sejawat lainnya) informasi mengenai situs yang terpercaya dan terlengkap. Makin luas daftar ‘contekan’ Anda, makin cepat Anda berinternet.

Portal Kalbe Farma
Dalam rangka membantu para dokter agar bisa secara efisien dan efektif (yang berarti mengurangi pemborosan, baik pulsa telepon maupun pulsa ISP), maka di website Kalbe Farma tersedia pelbagai fasilitas untuk memulai berinternet.
Dalam website Kalbe Farma (http://www.kalbe.co.id) tersedia berbagai berita, baik berita kedokteran maupun kesehatan setiap hari diperbaharui, minimal satu hari satu jenis berita. Di samping itu juga, Anda bisa selalu memonitor agenda kegiatan simposium kedokteran/kesehatan untuk para dokter maupun untuk kaum awam. Selain agenda, reportase singkat mengenai acara tersebut juga akan disertakan.
Fasilitas lain yang bisa diperoleh di situs Kalbe Farma:
-Search engines
Jika informasi yang tersedia tidak diperoleh di website Kalbe Farma, Anda bisa menggunakan Multipel Search Engine (AltaVista, Excite, Google, Hotbot, Infoseek, Lycos, Search-Indonesia, Yahoo) yang terletak di sebelah kiri bawah dari website Kalbe Farma (yang diberi huruf tebal, adalah mesin pencari yang sering digunakan untuk mencari pelbagai informasi yang diperlukan baik di luar negeri maupun di dalam negeri).
-Forum
Forum merupakan media tukar menukar informasi dalam website Kalbe Farma.
-Live Conference/chatting (Interactive)
Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, Anda bisa bergabung dengan rekan-rekan Anda dari seluruh dunia untuk secara bersama-sama membahas atau berdiskusi mengenai suatu topik yang telah ditentukan.
-Link
Link berisi situs-situs kesehatan / kedokteran terpercaya dari seluruh dunia (termasuk Indonesia), serta umum digunakan dalam mencari artikel / journal ilmiah.


0 Response to "Dunia Maya Untuk Dokter"

Post a Comment