Analisis Efektivitas Segmentasi Pasar Pada Peningkatan Volume Penjualan PT. Semen Tonasa di Pangkep


ABSTRAK 
Dalam usahanya meningkatkan volume penjualan untuk memaksimalkan keuntungan, maka PT. Semen Tonasa menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien termasuk dalam menentukan segmen pasar. PT. Semen Tonasa salah satu produsen semen terbesar di kawasan timur Indonesia telah menerapkan segmentasi pasar berdasarkan geografis dengan menentukan daerah pemasarannya yaitu : Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Kalimantan Tengah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh serta tingkat efektivitas strategi segmentasi pasar dalam meningkatkan volume penjualan PT. Semen Tonasa. Untuk mencapai tujuan tersebut maka telah dilakukan analisis secara deskriptif yang menjelaskan mengenai penerapan segmentasi pasar oleh PT. Semen Tonasa serta dilakukan analisis kuantitatif dengan menggunakan alat analisis : analisis regresi sederhana, analisis korelasi linier sederhana, dan analisis market share. 
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa volume penjualan mengalami peningkatan setelah dilakukan segmentasi pasar. Rata-rata pertumbuhan penjualan setelah dilakukan segmentasi pasar dalam lima tahun terakhir adalah 10,62 %. Sedangkan berdasarkan hasil analisis regresi dan korelasi linier sederhana menunjukkan bahwa segmentasi pasar berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan yaitu sebesar 89 %. Segmentasi pasar yang diterapkan oleh PT. Semen Tonasa telah berjalan efektif serta berpengaruh signifikan dalam meningkatkan volume penjualan.

PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang
 Dunia usaha memegang peranan penting dalam pembangunan, baik yang diusahakan oleh pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun yang dilaksanakan oleh pihak swasta. Sukses suatu perusahaan hanya mampu dicapai dengan manajemen yang baik, yaitu manajemen yang mampu mempertahankan kontinuitas perusahaan dengan memperoleh laba yang maksimal karena pada dasarnya tujuan perusahaan adalah memaksimalkan kemakmuran para pemiliknya dan nilai perusahaan itu sendiri.
 Keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan Kontinuitas atau kelangsungan hidupnya bisa dicapai bila perusahaan tersebut memiliki pandangan ke luar dan selalu memonitor keadaan lingkungan yang berubah-ubah serta menyesuaikan usaha pemasarannya berdasarkan peluang-peluang yang dimiliki. Dalam usaha mencapai kesuksesan tersebut, peranan manajer dalam memilih dan merencanakan strategi pemasaran sangat penting guna memenuhi kebutuhan konsumen. Saat mengembangkan strategi pemasaran, manajer harus mempertimbangkan untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, melainkan juga mempertimbangkan posisi industri perusahaan yang bersangkutan dibandingkan perusahaan pesaing. Oleh karena itu, manajer pemasaran harus merancang strategi pemasaran yang kompetitif dan sepadan dengan posisi dan sumber daya pesaing serta menyesuaikan strategi-strategi tersebut dengan kondisi  persaingan secara berkesinambungan.
Suatu organisasi yang memutuskan untuk beroperasi di salah satu pasar konsumsi, industri, jasa, atau pemerintah, mengakui bahwa pada dasarnya organisasi tersebut tidak dapat melayani semua pelanggan. Hal ini dikarenakan jumlah pelanggan terlalu besar dan wilayahnya terlalu luas dengan beraneka ragam kebutuhan dan keinginan serta kebiasaan dalam membeli sedangkan para pelanggan menuntut untuk dilayani secara efektif dan efisien.
Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat tetap berada dalam posisi yang efektif dalam melayani segmen-segmen pelanggan yang memadai dari pasar yang dituju adalah dengan menetapkan segmentasi pasar. Segmentasi pasar pada dasarnya merupakan suatu cara untuk membedakan pasar menurut beberapa karakter dari pelanggan yang secara umum digolongkan menjadi 4 (empat), yaitu : geografi, demografi, psikografi, dan tingkah laku.[....]

(Oleh : Hendry Aprizal, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin 2012)
Skripsi ini selengkapnya klik disini...

0 Response to "Analisis Efektivitas Segmentasi Pasar Pada Peningkatan Volume Penjualan PT. Semen Tonasa di Pangkep"

Post a Comment