Jenis-Jenis Fungi Yang Berasosiasi Pada Proses Dekomposisi Serasah Daun Avicennia marina (Forsk) vierh

Abstrak

Sebuah penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi jenis-jenis fungi yang terdapat pada serasah daun Avicennia marina yang mengalami dekomposisi setelah aplikasi fungi Aspergillus sp., Curvularia sp., dan Penicillium sp. pada berbagai tingkat salinitas telah dilakukan di laboratorium Mikrobiologi, Departeman Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara dari bulan Desember 2009 hingga bulan juni 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15 macam fungi yang berhasil diisolasi dari serasah daun A. marina yang mengalami proses dekomposisi yang terdiri atas 8 genus, yaitu Aspergillus (6 jenis), Arthirinium (1 jenis), Basipetospora (1 jenis), Curvularia (1 jenis), Mucor (1 jenis), Penicillium (3 jenis), Saccharomyces (1 jenis), dan 1 fungi tak teridentifikasi (sp.5). Keanekaragaman jenis fungi yang paling banyak ditemukan pada salinitas 0-10 ppt, dan yang paling sedikit pada salinitas 20-30 ppt.


PENGHARGAAN

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Shalawat beriring salam penulis persembahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

Ucapkan terima kasih penulis sampaikan kepada Bapak Dr. Ir. Yunasfi., M.Si selaku pembimbing pertama dan Bapak Prof. Dr. Dwi Suryanto., M.Sc, selaku pembimbing kedua yang telah banyak meluangkan waktunya untuk memberikan masukan-masukan kepada penulis dalam penyelesaian skripsi ini. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada Bapak Prof. Dr. Erman Munir., M.Sc, selaku penguji pertama dan Bapak Prof. Dr. Ing. Ternala Alexander Barus., M.Sc, selaku penguji kedua yang telah memberikan kritik dan saran yang sangat bermanfaat dalam penyelesaian skripsi ini. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada Ketua Departemen, Prof. Dr. Dwi Suryanto., M.Sc, Dekan dan Pembantu Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara, semua dosen serta pegawai di Departemen Biologi FMIPA USU.

Skripsi ini penulis persembahkan untuk ayahanda tercinta M. Damanik dan ibunda tercinta Rasmilya S.Pd, serta kedua adinda tersayang Maya Amelia Damanik, dan Rizky Septian Damanik, yang tak henti-hentinya mendoakan, mendukung dan memotivasi penulis hingga terselesaikannya skripsi ini. Kepada teman seperjuangan Ika Wahyuni, Vera Akbar Syahputri, dan Widya Kurniawan Putra Lubis yang bersama-sama melakukan penelitian ini. Terima kasih juga penulis ucapkan kepada sahabat-sahabat terhebat yang pernah penulis miliki, Utari Eka Windani, Syarifah Liya Hafizhah, Reni Seprianti, Yesvita Ritonga, Amelia Astari, Lestari Sri Wulandari, Arridha Hutami Putri, Ilmi Fadila, Santy Darwinanti, serta teman-teman lain yang tak kalah hebatnya. Kepada teman-teman seangkatan stambuk 2006, senior dan junior yang telah banyak membantu dan mendukung penulis selama ini. Semoga Allah SWT memberikan balasan atas apa yang telah diberikan.[...]
(Oleh: Afrida Yanti Damanik, Departemen Biologi Universitas Sumatra Utara Medan)
Selengkapnya...

0 Response to "Jenis-Jenis Fungi Yang Berasosiasi Pada Proses Dekomposisi Serasah Daun Avicennia marina (Forsk) vierh "

Post a Comment