Tahapan Pemeriksaaan Kehamilan


Memeriksa Kehamilan -Idealnya pemeriksaan kehamilan pertama bagi wanita hamil adalah ketika haidnya terlambat sekurang-kurangnya satu bulan.. jika ini dilakukan, keuntungannya adalah bahwa kelainan-kelainan yang mungkin ada atau akan tmbul pada kehamilan tersebut lekas dketahu dan segera dapat diatasi, sebelum berpengaruh tidak baik terhadap kehamilan tersebut.
USG
Sejauh ini , USG merupakan metode yang paling aman digunakan karena tidak menggunakan sinar X tetapi hanya gelombang suara.
Manfaat pemeriksaan USG ;
  1. Mengetahui penyebab terjadinya pendarahan atau keluarnya bercak darah pada awal kehamilan.
  2. Mengetahui usia janin
  3. Mengevaluasi kodisi bayi jika besarnya rahim tidak sesuai dengan usia kehamilan.
  4. Mengetahui bayi kembar
  5. Melihat posisi bayi, misalnya sunsang atau tidak.
  6. Mengetahui adanya cacat pada bayi serta mengevaluasi kesehatannya.
  7. Mengetahui jenis kelamin
AMNIOSENTESIS
Cara ini dilakukan dengan mengambil sejumlah cairan yang mengelilingi janin (cairan amnion atau ketuban ) dengan menggunakan jarum. Dokter akan memeriksa cairan tersebut untuk mendeteksi adanya kelainan genetic, infeksi dan mengetahui tingkat perkembangan janin.
TES GENETIK DINI :CVS
Sama halnya dengan amniosentesis, CVS digunakan untuk mendeteksi adanya kelainan janin. Bedanya jika amniosentesis dilakukan pada usia kehamilan 16 minggu, maka CVS pada usia 8-9 minggu. Keuntungannya adalah prosedur ini dapat dilakukan sedini mungkin dan lebih menghemat waktu. CVS memiliki resiko keguguran 2-3 kali lebih besar daripada prosedur amniosentesis. Jadi prosedur ini hanya dilakukan bila sungguh-sungguh diperlukan.
Pada intinya, periksakan kehamilan Anda sedini mungkin. Dokter Anda nanti akan memberi nasehat pemeriksaan apa yang Anda perlukan.

0 Response to "Tahapan Pemeriksaaan Kehamilan"

Post a Comment