Harapan Mahasiswa Keperawatan Pada Dosen-Dosen di Program Keperawatan


Pendahuluan
Elemen utama dari kualitas mengajar adalah evaluasi yang efektif (Flinders University, 2008). Evaluasi memiliki beberapa tujuan; memberikan umpan balik kepada dosen mengenai persepsi mahasiswa di kelas, umpan balik terhadap kuliah sehingga dosen dapat meningkatkan pengajaran, dan juga umpan balik bagi fakultas dan universitas sehingga mereka dapat memutuskan penampilan mengajar dari staff pendidikan (Monash University, 2008).
Barrie and Ginns (2007) menyatakan bahwa menggunakan data dari survey mahasiswa dapat menjadi elemen yang cocok untuk meningkatkan kualitas pengajaran di universitas. Penelitian yang dilakukan oleh Coates (2005) menyarankan bahwa ada relevansi yang luas dari keterlibatan mahasiswa terhadap jaminan mutu. Berdasarkan hal-hal tersebut, survey umpan balik dari mahasiswa dapat memberi masukan bagi kurikulum dan meningkatkan penampilan mengajar. Oleh karena itu, mengetahui apa yang diharapkan oleh mahasiswa mengenai dosen-dosen mereka harus dilakukan secara rutin dan kemudian ditanggapi dengan positif dengan maksud memberikan sumbangsih dalam meningkatkan penampilan mengajar.
Penampilan Dosen
Penampilan dosen dapat didefinisikan sebagai tindakan menampilkan; keberhasilan mengajar; bukan hanya memiliki, tetapi juga menggunakan pengetahuan dengan mahir. Pengetahuan dan keterampilan dosen mempengaruhi pembelajaran mahsiswa (Leigh & Mead, 2005).
Harapan Mahasiswa Terhadap Penampilan Dosen
Pikatan (1997) dalam penelitiannya mengenai harapan mahasiswa terhadap karakter dan perilaku dosen menunjukkan bahwa mahasiswa mengharapkan dosen yang bersahabat, berpengetahuan, dan mampu mengajar secara menarik melalui humor, contoh-contoh dan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali harapan mahasiswa keperawatan YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) terhadap penampilan dosen-dosen mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji adakah perbedaan harapan antara mahasiswa reguler (Grup A) dan mahasiswa program khusus (Grup B).[...]


0 Response to "Harapan Mahasiswa Keperawatan Pada Dosen-Dosen di Program Keperawatan"

Post a Comment