Produk Turunan Oleokimia dari Minyak Kelapa


Asam lemak dari minyak kelapa dalam berbagai fraksi selain dapat digunakan langsung, dapat juga dihasilkan bermacam produk turunannya. Berikut ini beberapa jenis produk asam lemak dan turunan asam lemak yang banyak digunakan dalam industri.
1. Fatty acid: Banyak dibutuhkan sebagai komponen utama dalam pembuatan sabun
2. Fatty acid esters: merupakan produk turunana asam lemak, dari berbagai fraksi asam lemak melalui proses etrefikasi menggunakan alkohol menghasilkan beberapa jenis ester yang sangat berguna dalam industri. Misalnya ester dari asam lemak C8 - C10 dengan ttrimethylol propane digunakan sebagai bahan pembuatan pelumas.
C8 –C10 yang diestrfikasi kembali dengan gliserol menghasilkan lemak berantai sedang (Medium Chain Triglesirides-MCT) yang memiliki viskositas rendah dan memiliki sifat sangat stabil. MCT digunakan sebagai pelarut wangi-wangian (flovors), sebagai makanan diet karena mudah dicerna dan cepat menghasilkan energi. Esterfikasi asam lemak dengan monoalcohol misalnya isopropanol dengan meristic acid menghasilkan isopropyl myristate, salah satu komponen kosmetik. Gliserol monoester digunakan sebagai bahan pengemulsi pada industri pangan, bahan penghilang jamur dan pelumas dalam industri plastik.
3. Fatty alcohol: merupakan produk hasil hidrogenasi asam lemak atau ester asam lemak. Fatty alkohol dapat difraksinasi untuk memisahkan fraksi C8-C10 yang dikenal sebagai plasticizer range alcohol, dan C8-C12 sebagai deterget range alcohol. Plasticizer range alcohol berbentuk cair dan memiliki daya pelarut yang tinggi dapat digunakan dalam industri tinta printer dan cat. Esterfikasi dengan polycarboxylic acid seperti phthalic anhydride menghasilkan plasticizer khususnya untuk industri PVC. C12 – C14 alkohol banyak digunakan sebagai additif pelumas dan dalam pembuatan minyak rem dan minyak hidrolik. C16-C18 fatty alkohol banyak digunakan sebagai campuran dalam pembuatan cream, lipstik, pasta, semir dan produk lainnya.
4. Polyglycol Ethers: dihasilkan dari hasil reaksi fatty alcohol dengan ethylene oxide digunakan sebagai surfaktan nonionik.
Banyak digunakan sebagai bahan pembatu dalam industri tekstil, cairan pencuci, produk penghilang lemak dan pembuatan cairan pembersih.
5. Fatty Amides: misalnya Cocomonoethanolamide dan cocodiethanolamide dibuat dengan merekasikan asam lemak atau ester asam lemak dengan monoethanolamine atau diethanolamine banyak digunakan sebagai pembentuk busa (foam boosters) pada sampo dan produk detergen.
6. Fatty Amines: dihasilkan dari reaksi fatty acid dengan amonia dan hidrogen.
Banyak digunakan dalam industri pembuatan bahan pelembut (softener) dan biosida. fatty amine oksida banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sampo.

0 Response to "Produk Turunan Oleokimia dari Minyak Kelapa"

Post a Comment