Bagaimana Cara Mengganti Popok Bayi?

Bagaimana Cara Mengganti Popok Bayi? Pada bulan-bulan pertama, waktu untuk penggantian popok bisa sangat sering. Kadang-kadang satu jam hingga 2 jam sekali ketika bayi dalam keadaan bangun. Meskipun tampaknya merepotkan bagi ibu dan bayi, namun penggantian yang sering adalah cara yang terbaik untuk menghindari terjadinya gatal-gatal dan merah karena penggunaan popok pada kulit bayi yang masih peka.
Jika menggunakan popok sekali pakai, Anda tidak boleh menggunakan basah sebagai ukuran; karena popok itu dapat menyerap dengan baik, popok sekali pakai tidak terasa basah sampai popok tersebut benar-benar basah sekali. Akan tetapi Anda tidak perlu membangunkan bayi yang sedang tidur untuk mengganti popok, dan kecuali bayi sangat basah dan tidak nyaman atau dia buang air besar, Anda tidak perlu mengganti popok pada saat pemberian makan malam ; aktivitas dan lampu yang disekitar bayi dapat mengganggu untuk bayi tidur kembali.
Agar penggantian popok dapat berhasil, maka sebaiknya :
1. Sebelum mengganti popok, pastikan dulu bahwa semua yang Anda butuhkan sudah Anda siapkan atau mudah terjangkau, baik di meja ganti, atau jika sedang berpergian di tas popok. Sebab jka tidak demikian, Anda akan kerepotan dengan popok yang kotor dan tidak ada yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kotoran yang tercecer. Oleh karena itu Anda memerlukan semua hal berikut ;
  • Sebuah popok yang bersih
  • Gumpalan kapas/ washlap dan air hangat untuk bayi di bawah satu bulan, dan sebuah handuk kecil untuk mengeringkan; atau lap popok/tissu basah untuk bayi diatas satu bulan.
  • Baju ganti jika popok telah bocor dan mengotorinya
  • Salep untuk gatal-gatal bila perlu, minyak atau bedak sebenarnya tidak perlu, malah bedak dapat berbahaya juga dapat membuat perekat popok menjadi kehilangan fungsinya.
2. Bila mungkin cuci dan keringkan tangan sebelum Anda mulai mengganti popok atau basuh dengan lap popok/tisu basah.
3. Siapkan mainan atau hiburan untuk bayi. Hiburan ini bisa melalui Anda sendiri dengan mengajaknya bermain atau bercanda dan berbicara. Sedangkan hiburan lain bisa dengan mainan yang digantung, satu atau dua pada jarak pandang bayi, atau mainan genggam, atau apapun yang dapat memindahkan perhatian bayi dengan cukup lama sehingga akan memberi waktu bagi Anda untuk membuka dan memasang popok.
4. Pasang alas atau lap jika Anda tidak mengganti di meja ganti . Jangan pernah meninggalkan bayi tidak terjaga, bahkan sekejappun, ketika Anda mengganti popoknya.
5. Buka ikatan popok, tapi jangan dulu melepaskannya. Pertama-tama perhatikan isi popok. Bila bayi telah buang air besar, bisa Anda bersihkan dulu dengan bagian popok tersebut. Tetapi jika buang air kecil Anda bisa langsung menggantinya.
6. Tempatkan popok pada popok kotor, atau buang untuk popok sekali pakai. Jika mungkin buang sisa tinja ke dalam toilet.
7. Ganti baju bayi /seprei jika perlu (terkena)
8. Setelah itu bersihkan tangan dengan sabun dan air, atau bersihkan dengan tisu basah.

0 Response to "Bagaimana Cara Mengganti Popok Bayi?"

Post a Comment