Aplikasi Android: Layanan Pesan Antar Makanan


Aplikasi Android: Layanan Pesan Antar Makanan  - Aplikasi layanan pesan antar “Makan-Makan” ini adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu pelanggan restoran atau pembeli untuk memesan makanan tanpa harus menelpon restoran tersebut. Aplikasi ini berjalan pada platform Android dan berintegrasi dengan aplikasi yang berada di server dengan menggunakan php dan jquery mobile, para pelanggan cukup mengisi data diri dan pesanannya, kemudian aplikasi ini akan mengirimkan data pesanan yang akan masuk ke dalam sebuah database yang berada di server dan dapat dilihat langsung oleh admin dari restoran tersebut, dalam hal ini adalah Restoran “XYZ”. Selain melihat pesanan admin juga dapat mengatur menu, promo dan data-data yang lain, yang bertujuan untuk mempermudah pelanggan. Diharapkan aplikasi “Makan-Makan” ini dapat menggantikan cara pemesanan yang sudah ada dan dapat mempermudah pelanggan dalam hal memesan sebuah makanan.
Di era telekomunikasi, perkembangan teknologi komunikasi mengarah ke sebuah teknologi yang berbasis mobile atau perangkat bergerak. Saat ini mobile phone tidak hanya digunakan sebagai media berkomunikasi untuk telepon dan sms, tetapi juga sebagai media untuk berkomunikasi langsung melalui internet untuk mengirim dan menerima data. Hal ini menyebabkan tingginya minat terhadap sebuah mobile phone yang sangat pintar, karena akan sangat menunjang bagi penggunanya dalam mengatasi kesibukan dan kebutuhan yang dimilikinya (Lubis, 2001).
Dengan perkembangan zaman telekomunikasi yang begitu pesat ini, banyak mobile phone yang berjenis smart phone atau telepon pintar beredar di pasaran. Salah satu contoh yang sedang banyak dikenal dipasaran adalah mobile phone dengan menggunakan platform Android. Dalam mobile phone ber-platform ini, user atau pengguna dapat men-download berbagai macam aplikasi yang muncullah sebuah aplikasi untuk mempermudah dan mempercepat pengguna mobile phone (Wibisono, Bandung). Gunanya dari sebuah aplikasi tersebut ialah untuk membantu user agar lebih fokus dalam sebuah pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukannya. Pada saat ini sudah banyak restoran yang menggunakan sebuah aplikasi dalam mobile phone dengan berbagai macam platform. Tetapi aplikasi didalamnya hanya sebuah sistem informasi yang telah ada baru sebatas menerima data secara terus menerus dengan pemberitahuan atau notification kepada user. Contohnya adalah, informasi promo dan info letak toko terdekat. Hal ini dirasa cukup kurang karena banyak yang bisa dikaji lebih jauh seperti sebuah pemesanan makanan menggunakan aplikasi.
Hingga saat ini belum ada sebuah metode pemesanan (Delivery Order) menggunakan sebuah aplikasi mobile, karena biasanya pemesanan yang ada selama ini dilakukan secara manual yaitu dengan menelpon ke operator restaurant, lalu pesanan itu dimasukkan melalui komputer oleh operator dan secara langsung masuk ke dalam database table pemesanan dalam restaurant. Jadi keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah pemesan dapat memesan makanan hanya dengan sentuhan pada menu yang terdapat dalam aplikasi ini. Pemilik aplikasi ini tidak hanya dapat memesan  makanan, melainkan dapat melihat informasi mengenai restaurant , menu-menu promo tentang makanan yang ada di dalam restaurant tersebut dan menu-menu makanan yang disajikan oleh restoran „XYZ‟.
Pada Proyek Akhir ini, akan dilakukan perencanaan dan implementasi sistem aplikasi pemesanan melalui aplikasi mobile web yang berjalan pada browser Android yang diberi nama aplikasi “Makan-Makan”. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan dapat membantu pengguna mobile phone ber-platform Android dalam memesan sebuah makanan dari restoran.[...]

0 Response to "Aplikasi Android: Layanan Pesan Antar Makanan"

Post a Comment