Solusi Terhadap Menyempitnya Lahan Parkir


Banyaknya jumlah alat transportasi dewasa ini membuat kebutuhan lahan sebagai sarana parkir alat transportasi tersebut semakin sempit. Kasus ini sering terjadi pada kota- kota yang sudah padat akan penduduknya serta tinggi kerapatan bangunannya. Kendaraan roda empat sebagai alat transportasi utama membutuhkan tempat yang lebih luas sebagai area parkir. Permasalahan di atas menimbulkan kesulitan pada penyediaan lahan yang luas terutama bagi tempat-tempat yang ramai akan pengunjung. Dengan bentuk lahan parkir yang meluas dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi pengunjung untuk mendapatkan tempat parkir bagi kendaraannya.
Salah satu solusi alternatif untuk memecahkan masalah di atas adalah dengan pembuatan sistem parkir mobil otomatis yang terletak di bawah tanah. Di samping dapat menghemat tempat, sistem parkir mobil otomatis ini jugadapat mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi tentunya sangat berpotensi besar dalam pembuatan sistem parkir otomatis ini. Karena itu, pada proyek penelitian ini, dirancang sebuah contoh model tempat parkir mobil otomatis yang berada di bawah tanah dan diharapkan hasilnya dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Contoh model yang dirancang berupa sebuah miniatur. Bentuk dan perancangannya akan dibahas pada bagian selanjutnya.
Model miniatur parkir mobil otomatis dirancang berbentuk lingkaran yang terdiri atas 3 lantai dan masing-masing lantai terdapat 8 slot yang dapat menampung 8 mobil. Sehingga secara keseluruhan model miniatur ini dapat menampung 24 mobil. Untuk memudahkan pengambilan mobil pada slot-slotnya maka dibuatkan palet pada tiap slotnya. Palet mobil ini terbuat dari bahan dasar kayu juga. Bagian tengah model miniatur ini merupakan sebuah lift untuk mebawa mobil menuju slot yang dinginkan atau mengambil mobil dari slot yang diinginkan. Dalam proses peletakan atau pengambilan mobil, terdapat 3 gerakan utama  yaitu proses naik turun lift menuju antai yang diinginkan, proses pemutaran lift untuk mengarahkan mobil pada slot yang diinginkan dan terakhir proses maju mundur untuk meletakkan mobil pada tempat parkir atau mengambil mobil dari tempat parkir.
Mekanik pemutar lift terdiri atas sebuah motor stepper dan 7 plat penghantar pengganti kabel. Sebagai penggerak untuk memutar lift, digunakan sebuah motor stepper. Agar lift dapat berputar dengan bebas dan tidak terganggu dengan sistem pengkabelan, maka digunakan 7 plat penghantar terbuat dari tembaga sebagai pengganti kabel. Gambar 5 dan 6 menunjukkan gambar posisi penempatan motor stepper dan 7 plat penghantar tembaga.[...]

0 Response to "Solusi Terhadap Menyempitnya Lahan Parkir"

Post a Comment