Pentingnya Istirahat Dalam Olahraga


Istirahat memang penting! Istirahat merupakan satu hal yang selalu dipandang rendah oleh banyak pengunjung gym.
Overtraining merupakan efek kurang istirahat seseorang. Contoh orang yang kurang perihatin pada istirahat dan adalah mereka yang:
Melatih satu bagian tubuh (seperti biceps) hampir setiap hari
Melatih sepanjang tahun, tanpa istirahat
Berlatih beberapa jam di gym setiap hari.
Sudah bosan melanjutkan program latihan.
Saya bagikan istirahat ke dua jenis, 1. istirahat antara sesi olahraga dan 2. Seasonal Rest atau istirahat musiman.
Rehat Antara Sessi
Benar atau tidak: Otot membesar sewaktu weight training di gym!? Tidak! Otot sebenarnya membesar saat istirahat. Sesi olahraga di gym merupakan perangsang untuk pertumbuhan otot tetapi ia harus diistirahatkan setelah itu. Latihan mengangkat berat menyebabkan koyakan microskopik ke otot yang dilatih.
Otot itu harus diistirahatkan untuk memungkinkan badan memperbaiki dan sekaligus membesarkan (menguatkan) otot tersebut. Proses ini memakan waktu sekitar 72 jam. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menunggu paling kurang 72 jam sebelum melatih otot yang sama sekali lagi. Tanpa istirahat antara sessi ini, usaha Anda agak sia-sia.
Rehat Musiman
Untuk atlit dan pengunjung sering olahraga; sendi, tulang dan otot Anda banyak melalui wear & tear yang tidak dapat diperbaiki dalam sehari-dua. The only way to allow your body to fully recuperate, adalah dengan menjadwalkan istirahat musiman setiap 3-5 bulan. Berapa lama Anda harus istirahat? Saya anjurkan 1-2 minggu.
Dalam periode tersebut, Anda harus istirahat total untuk memungkinkan badan Anda 'recover' sepenuhnya. Istirahat musiman ini juga bertujuan untuk refuel your mental enthusiasm. Lama-kelamaan, semua orang jemu melatih week in and week out, jadi istirahat bermusin ini sesuai untuk rehatkan diri Anda fisik & rohani.
Takut istirahat akan merosotkan perkembangan Anda? Mungkin Anda akan kehilangan sedikit performance atau kekuatan saat istirahat musiman, tetapi hanya sementara dan cepat kembali saat Anda mulai training kembali. Ia umpama stock market yang memiliki siklus atas & bawah (up & down cycle).
Ingat: It s not the quantity but the quality of your workouts that matter! Pentingkan istirahat untuk menghindari overtraining.

0 Response to "Pentingnya Istirahat Dalam Olahraga"

Post a Comment