Open Source Untuk Membuat Situs Website


Mungkin ada diantara kita yang terlalu sibuk sehingga tidak punya waktu untuk membangun situs web sendiri dan mungkin juga ada diantara kita yang memang kurang mahir dalam membangun situs web. Syukur kini telah banyak open source atau sistem gratis yang disediakan oleh organisasi tertentu untuk membantu mereka yang kurang mahir atau berkemampuan dalam menyediakan situs sendiri. Antara open source yang bisa Anda muatturun dan mencoba sendiri adalah:
1. Joomla - Open source ini menjadi antara yang paling diminati oleh webmaster dari seluruh dunia. Sesuai digunakan untuk apapun jenis situs yang Anda ingin bina apakah ecommerce, profil perusahaan, situs pribadi bahkan ada yang menjadikan joomla sebagai situs social networking seperti facebook karena joomla memiliki plugins dan modules yang sangat menarik dan berguna. InsyaAllah saya akan mengeluarkan petunjuk untuk web admin Joomla. Jadi Anda tidak perlu lagi membayar untuk menghadiri kelas seminar joomla. =). Download Joomla.
2. PhpBB - Merupakan open source untuk mereka yang ingin membuka suatu forum. Sesuai untuk mereka yang memiliki organisasi atau asosiasi maupun klub-klub tertentu. Download phpBB.
3. Moodle - Bagi warga pendidik, ini merupakan opensource yang terbaik untuk mensukseskan pendidikan online. Memiliki fitur-fitur seperti kuis, tugas, catatan, forum, chatting dan bisa berfungsi sebagai situs sekolah, moodle merupakan pilihan tepat untuk membantu siswa ke tingkat yang lebih baik. Ini merupakan salah satu contoh situs yang menggunakan moodle. Download Moodle.
4. WordPress - Mungkin banyak yang sudah mahir menggunakan wordpress. Sesuai untuk situs blog pribadi dan berbagai penggunaan. Anda dapat menempatkan google ads ke dalam wordpress, asalkan Anda tahu sedikit coding dalam php. Tutorial banyak terdapat diinternet. Download WordPress.
Dan banyak lagi open source untuk content management yang bisa Anda miliki diinternet. Mungkin Anda akan mengalami sedikit kesulitan dalam installation setiap open source tersebut atau kurang memahami pada bagian administrasi. Anda dapat meninggalkan pesan atau komentar di shahuthm@gmail.com untuk pertanyaan maupun pandangan. Terima kasih.

0 Response to "Open Source Untuk Membuat Situs Website"

Post a Comment