Tips Cara Merawat Kucing Persia Yang Optimal

Tips Cara Merawat Kucing Persia Yang Optimal - Kucing Persia dengan bulu yang indah sangat menyenangkan untuk dijadikan hewan peliharaan. Jika anda memiliki atau berencana untuk merawat kucing persia dan untuk anda yang mencari tips cara merawat kucing persia, perlu anda ketahui bahwa kucing persia membutuhkan cara perawatan khusus. Kucing persia memang kucing yang indah, wajar saja seseorang rela mengeluarkan uang untuk merawatnya. Bagi sebagian orang cara yang paling sulit untuk merawat kucing persia yaitu merawat bulu subur kucing persia.

Memang terdengar sangat merepotkan memelihara kucing persia itu. Namun dengan perawatan yang tepat si kucing akan dapat hidup dengan lebih sehat dan panjang umur serta penampilannya akan selalu terlihat menawan. Berikut ini adalah Tips Cara Merawat Kucing Persia Yang Optimal:

  • Yang paling dasar adalah, rajin-rajin menyisir bulu si kucing. Bulu kucing persia sangat lebat dan panjang, serta kemampuan membersihkan bulunya sendiri juga pasti ada batasnya. So, setidaknya sekali sehari anda harus menyikat bulu kucing cantik ini.
  • Dengan bulu yang panjang, kucing Persia harus disikat (disisir) setiap hari. Ini menjadi perawatan dasar yang harus dilakukan mengingat kucing Persia memiliki kemampuan terbatas untuk merawat bulu mereka sendiri. Idealnya, bulu kucing Persia harus disisir dengan sisir logam dua kali sehari untuk mencegah kusut dan memastikan bulu mereka tetap bersih dan berkilau.
  • Sebagai perawatan tambahan, seka bulu kucing Persia dengan tisu bayi setiap hari. Tisu bayi ideal digunakan karena selain akan membuat bulu kucing berbau harum, juga tidak akan menyebabkan alergi karena formula tisu bayi yang lembut.
  • Meski tiap hari disisir, setidaknya 2 minggu sekali kucing persia anda harus dimandikan, jika kucing anda selalu berada di dalam rumah. Namun jika kucing anda suka beraktifitas di luar rumah, mungkin anda perlu lebih sering memandikannya, Sekali seminggu lah paling tidak.
  • Jika bulu kucing Persia sudah terlanjur kusut, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan meminta bantuan profesional. Bulu kusut bisa menyakitkan dan membuat kulit mereka tertarik atau bahkan terluka.
  • Dulu saya pikir hanya kucing persia saya saja yang "belekan", ternyata kebanyakan kucing persia memang punya masalah dengan matanya. So, jika melihat mata kucing sering mengeluarkan kotoran (terutama pada pagi hari) sebaiknya anda segera membersihkannya dengan tisu mata yang sesuai, karena jika tidak segera dibersihkan, kotoran mata yang jatuh ke area hidung dan mengering akan mengganggu sistem pernafasan si kucing pesek ini.
  • Meskipun kebanyakan kucing memang menyukai kebersihan, tetapi sepertinya kucing persia lah yang paling mengharapkan kebersihan. Anda harus rajin-rajin membersihkan kandangnya. Setidaknya setiap hari anda harus membersihkan kotak pasirnya  dan mencuci kandangnya seminggu sekali. Sebaiknya anda meletakkan kandang si kucing di kamar tersendiri yang sinar matahari pagi atau sore dapat masuk, sehingga si kucing dapat sesekali berjemur.
  • Untuk makanannya, cukup beri kucing ini cat food saja. Konon kalau memberinya daging atau ikan justru akan mengganggu pertumbuhan bulunya. Selain itu, jangan sampai kucing kesayangan anda tersebut makan kecoa. Karena ada beberapa kucing persia yang mati setelah makan kecoa.
  • Dan yang paling penting adalah jangan lupa melakukan vaksinasi kepada si kucing setelah si kucing berumur 3 bulan. Ikuti saja saran dokter tentang vaksinasi apa saja yang perlu dilakukan. Kalau dulu saya disarankan untuk melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali dalam tahun pertama.

Demikianlah Tips Cara Merawat Kucing Persia Yang Optimal mudah-mudahan Anda dapat mempraktekannya dengan baik dan benar.

0 Response to "Tips Cara Merawat Kucing Persia Yang Optimal"

Post a Comment