Perbandingan keefektifan Metode Observasi dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Biologi


PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada beberapa tahun kebelakang, hasil ujian semester siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Mijen sangat rendah dan kurang dari KKM sebesar 65. Untuk itu peneliti ingin mengetahui sebab-sebab rendahnya hasil  ujian semester siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Mijen.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru dan siswa, penyebab hasil belajar biologi di SMA Negeri 1 Mijen yang rendah adalah pembelajaran biologi berlangsung satu arah dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Akibatnya, Biologi dianggap siswa sebagai pelajaran yang kurang menarik dan sulit untuk dimengerti. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi. Siswa hanya sekedar mengetahui konsep tanpa memahaminya secara mendalam dan kurang aktif selama proses pembelajaran. Akibatnya informasi yangditerima siswa tidak maksimal dan hasil belajar biologi menjadi rendah.Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil evaluasi mata pelajaran biologi menunjukkan nilai dibawah 65 yaitu dibawah standar kurikulum penilaian SMA Negeri 1 Mijen, sedangkan untuk standar kurikulum penilaian minimal 65.
Berdasarkan rendahnya nilai di bawah minimal standar kurikulum penilaian di SMA Negeri 1 Mijen, maka perlu diadakan pembuktian penelitian dengan membandingkan dua metode yaitu, metode observasi dan metode diskusi. Metode observasi yang biasa digunakan guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Mijen, sedangkan metode diskusi yang ditawarkan oleh peneliti untuk meningkatkan pembelajaran pada materi ekosistem atau eksperimen. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa SMA Negeri 1 Mijen sehingga hasil belajar siswa akan tercapai.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan pada permasalahan diatas bahwa hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Mijen masih rendah karena dipengaruhi oleh metode pembelajaran kelas yang bersifat monoton. Perlu adanya alternatif metode-metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti berusaha menemukan metode yang tepat untuk pembelajaran Biologi di kelas X SMA Negeri 1 Mijen. 
Adapun masalah yang akan diangkat sebagai berikut: Apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan metode observasi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan metode diskusi pokok bahasan ekosistem.
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode observasi dan metode diskusi pokok bahasan ekosistem dikelas X semester II SMA Negeri 1 Mijen.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini antara lain: 
1. Bagi guru
Memberi gambaran kepada guru dalam menentukan atau memilih metode pembelajaran biologi yang tepat sehingga dapat menentukan prestasi belajar yang diharapkan.
2. Bagi siswa
Dengan adanya penelitian ini diharapkan siswa mampu lebih mudah memahami materi mata pelajaran biologi pokok bahasan ekosistem.
3. Bagi peneliti
Dengan melakukan penelitian ini, peneliti menjadi tahu bahwa melakukan variasi model pembelajaran sangat penting dalam rangka untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
E. Penegasan Istilah
Untuk memeperjelas permasalahan dan pencapaian hasil sesuai yang diharapkan dalam penelitian ini, maka penulis perlu memberikan penjelasan tentang arti beberapa kata atau istilah yang tercantum dalam judul skripsi.
Istilah-istilah tersebut antara lain:
1. Keefektifan
Keefektifan yaitu sesuatu yang menunjukkan keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan (membawa hasil atau berhasil guna).
2. Metode Observasi
Metode observasi adalah pengamatan langsung menggunakan alat indera atau alat bantu untuk pnginderaan suatu subjek atau objek. Observasi juga merupakan basis sains yang dilakukan dengan menggunakan panca indera atau instrumen sebagai alat penginderaan.
3. Metode Diskusi
Metode diskusi yang akan digunakan adalah jenis diskusi kelompok kecil. Diskusi kelompok kecil adalah bentuk diskusi kelas dimana para peserta didik sesuai dengan kelompoknya, diskusi ini terdiri dari 4-6 orang tiap kelompoknya.
4. Hasil Belajar
Hasil belajar adalah penguasaan yang diperoleh atau diterima oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran[....]


ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Mijen yang tidak sesuai harapan guru yang dibuktikan dengan kebanyakan nilai siswa yang kurang dari KKM yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan metode observasi dan metode diskusi pada pokok bahasan ekosistem di kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Mijen tahun ajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X jurusan IPA semester 2 SMA Negeri 1 Mijen tahun ajaran 2010/2011 dan diperoleh sample sebanyak 80 siswa yang diambil dari data populasi dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sample ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok observasi (kelas X IPA 1) dan kelompok diskusi (kelas X IPA 2).Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah quasi-eksperimen (eksperimen semu). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen yang disusun dengan jumlah 30 butir soal terlebih dahulu diujicobakan pada kelas X IPA 3 untuk mengukur validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Setelah dilakukan analisis uji coba diperoleh sejumlah 25 soal yang memenuhi syarat sebagai alat penelitian. Data yang diperoleh dinalisis menggunakan SPSS versi 15 dan secara manual di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas (uji barlett) dan uji kesamaan dua mean.[...]
(Oleh: Edi Kurniawa, IKIP PGRI Semarang, 2011)
Selengkapnya....

0 Response to "Perbandingan keefektifan Metode Observasi dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Biologi"

Post a Comment