Sistem Informasi Geografis Berbasisi Web


PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Transportasi ialah permasalahan penting bagi warga kota yang dinamis. Banyaknya jalan terkadang membuat sulit seseorang untuk mencapai tempat tujuannya. Terbatasnya waktu yang dimiliki dan pengaruh ekonomi mempengaruhi masyarakat untuk mencapai tempat tujuannya secepat mungkin dengan lintasan terpendek (shortest path). Untuk membantu dalam menentukan lintasan terpendek dapat menggunakan peta konvensional dan memilih jalur yang terpendek dari tempat asal ke tujuan. Namun hal ini sering kali tidak dapat membantu secara maksimal karena banyaknya jalan yang harus dipilih dan tidak dapat diperkirakan jarak tempuh pada jalur itu.
Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu dalam menentukan lintasan terpendek yang dapat merepresentasikan data yang ada. Data tersebut dapat disimpan, diolah, dan disajikan dalam bentuk yang lebih sederhana serta terkomputerisasi sehingga memudahkan dalam penentuan lintasan terpendek.
Dalam tugas akhir ini akan digunakan sistem informasi geografis yang berfungsi sebagai peta digital yang dapat merepresentasikan daerah tertentu. Dan disini digunakan juga algoritma Dijkstra sebagai penentu lintasan terpendek dimana persimpangan dan fasilitas umum dari sistem informasi geografis tersebut yang menjadi vertex.
Aplikasi ini akan dibuat berbasis web karena aplikasi berbasis web dianggap lebih memiliki beberapa keunggulan dibandingkan aplikasi berbasis desktop, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Tidak mengharuskan hardware atau software tertentu. Aplikasi web based dapat dijalankan selama komputer memiliki browser.
2. Instalasi relatif lebih mudah, karena hanya melakukan instalasi pada server saja.
3. Lebih murah, karena banyak aplikasi berbasis web yang open source.
4. Pengembangan lebih mudah. Aplikasi berbasis web menggunakan script, sehingga tidak perlu melakukan compile. Hanya melakukan perubahan script pada server maka client akan mengikuti perubahan.[...]
ABSTRAK
Transportasi saat ini merupakan kebutuhan yang esensial dalam kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangan suatu komunitas maka transportasi akan memiliki berbagai masalah yang terikat dengan jarak dan waktu. Di satu sisi pandang, permasalahan ini sangat erat kaitannya dengan rute (atau jalur) yang dipilih. Kajian ini bertujuan membangun sebuah sistem penentu jalur terpendek pada suatu daerah, dengan input berupa sebuah titik awal dan sebuah titik tujuan. Sistem ini diterapkan pada sebuah Sistem Informasi Geografis dengan menggunakan Algoritma Dijkstra untuk menentukan jalur terpendek. Daerah kajian dalam sistem ini adalah Kota Medan yang citranya telah diproses menjadi sebuah peta digital.[...]

0 Response to "Sistem Informasi Geografis Berbasisi Web "

Post a Comment