Komunikasi Terapeutik Antara Perawat dan Pasien


PENDAHULUAN

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari kegiatan komunikasi.Sehingga sekarang ilmu komunikasi berkembang pesat. Salah satu kajian ilmu komunikasi ialah komunikasi kesehatan yang merupakan hubungan timbal balik antara tingkah laku manusia masa lalu dan masa sekarang dengan derajat kesehatan dan penyakit, tanpa mengutamakan perhatian pada penggunaan praktis dari pengetahuan tersebut atau partisipasi profesional dalam program-program yang bertujuan memperbaiki derajat kesehatan melaui pemahaman yang lebih besar tentang hubungan timbal balik melalui perubahan tingkah laku sehat ke arah yang diyakini akan meningkatkan kesehatan yang lebih baik.

Kenyataaanya memang komunikasi secara mutlak merupakan bagian integral dari kehidupan kita, tidak terkecuali perawat, yang tugas sehari-harinya selalu berhubungan dengan orang lain. Entah itu pasien, sesama teman, dengan atasan, dokter dan sebagainya. Maka komunikasi sangatlah penting sebagai sarana yang sangat efektif dalam memudahkan perawat melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik.Selain berkomunikasi dengan pasien, perawat juga berkomunikasi dengan anggota tim kesehatan lainnya.Sebagaimana kita ketahui tidak jarang pasien selalu menuntut pelayanan perawatan yang paripurna. Sakit yang diderita bukan hanya sakit secara fisik saja, namun psiko (jiwanya) juga terutama mengalami gangguan emosi. Penyebabnya bisa dikarenakan oleh proses adaptasi dengan lingkungannya sehari-hari. Misalnya saja lingkungan di rumah sakit yang sebagian besar serba putih dan berbeda dengan rumah pasien yang bisa beraneka warna. Keadaan demikian menyebabkan pasien yang baru masuk terasa asing dan cenderung gelisah atau takut.
Tidak jarang pasien membuat ulah yang bermacam-macam, dengan maksud mencari perhatian orang disekitarnya. Bentuk dari kompensasi ini bisa berupa teriak-teriak, gelisah, mau lari, menjatuhkan barang atau alat-alat disekitarnya. Disinilah peranan komunikasi mempunyai andil yang sangat besar, dengan menunjukkan perhatian yang sepenuhnya, sikap ramah bertutur kata yang lembut.

Ketika pasien dalam keadaan tidak sadarkan diri pun, perawat tetap melakukan komunikasi dengan pasien. Diharapkan seorang perawat mampu bekerja sama dengan pasien dalam memberikan asuhan keperawatan misalnya dengan bertanya “ada yang bisa saya bantu ?” atau “bagaimana tidurnya semalam pak ?” tentunya sambil meraba bagian tubuh pasien yang sakit. Tutur kata yang lembut dan sikap yang bersahaja tidak dibuat-buat dari seorang perawat dapat membantu pasien dalam proses penyembuhan penyakitnya.
Sebagai contoh keluarga Pak ahmat bila ada salah seorang keluarganya yang sakit selalu berobat ke Rumah Sakit Boromieus daripada rumah sakit yang lain, meskipun fasilitas yang ditawarkan lebih baik. Setelah ditanyakan kira-kira penyebabnya apa sehingga keluarga Pak ahmat lebih memilih Rumah Sakit Boromieus sebagai rumah sakit favorit keluarganya, ternyata alasannya lebih banyak perhatian dan lebih cepat swembuh, karena pelayanan perawatan yang diberikan lebih manusiawi.[...]

Selengkapnya...

0 Response to "Komunikasi Terapeutik Antara Perawat dan Pasien"

Post a Comment