Program Studi S1 Keperawatan


Program Studi S1 Keperawatan merupakan proses pembelajaran yang menekankan pada tumbuh kembangnya kemampuan untuk menjadi seorang calon perawat profesional. Landasan tumbuh kembangnya kemampuan ini merupakan kerangka konsep pendidikan yang meliputi falsafah keperawatan sebagai profesi, keperawatan sebagai pelayanan profesional.

1. Falsafah Keperawatan
Falsafah keperawatan menyakini bahwa manusia dan kemanusiaan merupakan titik sentral setiap upaya pelayanan kesehatan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusaan sesuai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Bertolak dari pandangan ini keperawatan meyakini empat konsep dasar yaitu manusia, lingkungan, sehat dan keperawatan sebagai paradigma keperawatan.

a. Manusia
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa merupakan satu kesatuan yang utuh dan unik dari bio-psiko-spiritual dan kultural. Untuk dapat melangsungkan kehidupannya, setiap individu harus terpenuhi kebutuhan dasarnya secara seimbang yang mencakup kebutuhan bio-psiko-sosio-spiritual-kultural.
Manusia mempunyai siklus kehidupan yang meliputi tumbuh kembang dan memberi keturunan, kemampuan mengatasi perubahan dunia dengan menggunakan berbagai mekanisme. Mekanisme ini dibawa sejak lahir maupun yang didapat pada dasarnya bersifat biologis, psikologis, sosial, spiritual dan kultural, kapasitas berfikir, belajar, bernalar, berkomunikasi, mengembangkan budaya dan nilai-nilai.
Manusia berorientasi kepada waktu, mampu berjuang untuk mencapai tujuan dan mempunyai keinginan untuk mewujudkan diri, selalu berusaha untuk mempertahankan keseimbangan melalui interaksi dengan lingkungannya. Ia juga mampu berespon secara positif terhadap perubahan lingkungan melalui adaptasi dan memperbesar potensi dan meningkatkan kapasitas kemampuannya.
Manusia selalu mencoba mempertahankan kebutuhannya melalui serangkaian peristiwa antara lain belajar, menggali serta menggunakan sumber-sumber yang diperlukan sesuai dengan potensi, keterbatasannya. Selain itu manusia juga memiliki potensi untuk terlibat secara aktif dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya.
Dengan demikian manusia dalam keperawatan yang menjadi sasaran pelayanan keperawatan dan disebut sebagai sistem klien mencakup individu, keluarga, kelompok dan komunitas yang selalu dapat berubah untuk mencapai keseimbangan terhadap lingkungan di sekitarnya melalui proses adaptasi.

b. Lingkungan
Lingkungan dalam keperawatan adalah faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia yang mencakup lingkungan internal dan eksternal. Lingkungan internal adalah lingkungan yang berasal dari dalam manusia itu sendiri yang mencakup: faktor genetik, maturasi biologi, jenis kelamin, emosi (psikologis), dan predisposisi terhadap penyakit serta faktor perilaku. Sedangkan yang dimaksud dengan lingkungan eksternal adalah lingkungan disekitar manusia mencakup lingkungan fisik, biologis, sosial kultural dan spiritual.
Lingkungan eksternal diartikan juga sebagai lingkungan masyarakat yang berarti kumpulan individu yang terbentuk karena hubungan antar manusia, budaya dan aspek spiritual yang dinamis, mempunyai tujuan dan sistem nilaiserta berada dalam suatu hubungan yang bersifat saling bergantung.
Masyarakat adalah sistem sosial dimana semua orang bersatu untuk saling membantu dan melindungi untuk kepentingan bersama dalam hubungannya dengan lingkungan dan untuk mencapai tingkat pemenuhan kebutuhan dasar secara optimal. Manusia sebagai makhluk sosial selalu berinteraksi dengan lingkungan secara dinamis dan kemampuan manusia berespon terhadap lingkungan yang akan mempengaruhi derajat kesehatan.[...]

0 Response to "Program Studi S1 Keperawatan"

Post a Comment