Agribisnis Unggulan Komoditi Pertanian


Agribisnis Unggulan Komoditi Pertanian - Kesejahteraan masyarakat merupakan komponen yang sangat penting dalam kemajuan suatu negara. Seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat maka peningkatan taraf hidup harus selalu di upayakan. Seperti halnya tujuan pembangunan nasional yang harus dicapai yaitu meningkatkan taraf hidup di daerah melalui pembangunan yang serasi, terpadu antar sektor perencanaan efisien dan efektif menuju tercapainya kemandirian daerah. Pembangunan daerah dinilai sangat strategis dalam kerangka pelaksanaan pembangunan nasional. Bukan hanya membangun daerah merupakan bagian integral pembangunan nasional, namun karena pembangunan daerah diakui berhasil mendorong peningkatan pemerataan, stabilitas, pertumbuhan, dan kesejahteraan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. Pembangunan ekonomi suatu daerah dapat diukur melalui pertumbuhan ekonomi, yang sekaligus indikakator tersebut memberikan gambaran tentang sejauh mana aktivitas perekonomian daerah pada periode tertentu telah menghasilkan peningkatan pendapatan bagi masyarakat yang ditunjukkan dengan peningkatan pendapatan per kapita.
Pertumbuhan ekonomi daerah pada dasarnya dipengaruhi oleh keunggulan komperatif suatu daerah, spesialisasi wilayah, serta potensi ekonomi yang dimiliki oleh daerah tersebut. Oleh karena itu pemanfaatan dan pengembangan seluruh potensi ekonomi menjadi prioritas utama yang harus digali dan dikembangkan dalam melaksanakan pembangunan ekonomi daerah secara berkelanjutan. Sektor pertanian yang menjadi penggerak utama dalam bidang agribisnis di Kabupaten Grobogan merupakan sektor terpenting yang dapat ditingkatkan guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Kenyataan ini bisa dilihat dari besarnya kontribusi yang diberikan sektor pertanian. Sektor pertanian masih sangat dominan terhadap pembentukan Produk Domestik Regional Bruto di Kabupaten Grobogan, dibandingkan dengan sektor lainnya yaitu sebesar 43,68%.
Hal ini sangat didukung oleh luasnya lahan pertanian Tanah Sawah : 62.680,635 ha yang ada. Besarnya peranan sektor pertanian terhadap kontribusi PDRB Kabupaten Grobogan dipengaruhi matapencaharian sebagian besar penduduk di Kabupaten Grobogan yaitu bermatapencaharian sebagai petani. Oleh sebab itu peningkatan sektor pertanian pada umumnya dapat meningkatkan pendapatan sebagaian besar penduduk di kabupaten Grobogan. 

0 Response to "Agribisnis Unggulan Komoditi Pertanian"

Post a Comment